Skip to main content

2.3.a.9. Koneksi Antarmateri - Coaching

2.3.a.9. Koneksi Antarmateri - Coaching
By: Amaliah
SMPN 2 Sidoarjo


  • Buatlah sebuah kesimpulan dan penjelasan mengenai peran Anda sebagai Penuntun (Sistem Among) atau seorang Coach di sekolah dan keterkaitannya dengan materi sebelumnya di Modul 2 yakni Pembelajaran Berdiferensiasi dan Pembelajaran Emosi dan Sosial. 
  • Buatlah sebuah refleksi dari pemahaman atas keseluruhan materi Modul 2.3 bagaimana keterampilan coaching dapat membantu profesi Anda sebagai guru dalam menjalankan pendidikan yang berpihak pada murid. 
  • Unggahlah bagan atau artikel ini pada laman LMS.

 Coaching merupakan sebuah proses dalam menuntun belajar murid untuk mencapai kekuatan kodratnya. Guru sebagai seorang pamong dapat memberikan tuntunan melalui pertanyaan-pertanyaan reflektif  dan efektif agar kekuatan kodrat anak akan terpancar dari dirinya. Coaching cukup penting dalam pendidikan karena dapat memunculkan ide baru, kreatifitas, penyelesaian suatu masalah atau tantangan dalam mencapai suatu tujuan tertentu. Guru dalam proses coaching berperan sebagai coach yang senantiasa menuntun dengan memberikan pertanyaan agar murid (coachee) menggali potensinya sendiri menghadapi atau menemukan solusi.

Seorang guru di sekolah perlu menerapkan coaching, mentoring dan konseling. mentoring adalah suatu proses dimana seorang teman, guru, pelindung, atau pembimbing yang bijak dan penolong menggunakan pengalamannya untuk membantu seseorang dalam mengatasi kesulitan dan mencegah bahaya. Mentoring memindahkan pengetahuan tentang banyak hal, memfasilitasi perkembangan, mendorong pilihan yang bijak dan membantu mentee untuk membuat perubahan. Konseling adalah hubungan bantuan antara konselor dan klien yang difokuskan pada pertumbuhan pribadi dan penyesuaian diri serta pemecahan masalah dan pengambilan keputusan. Sedangkan coaching menuntun belajar murid untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan memberikan pertanyaan reflektif dan efektif.

Seorang coach dalam praktiknya perlu menerapkan prinsip kemitraan, percakapan kreatif dan memaksimalkan potensi. Prinsip kemitraan ditandai adanya tujuan percakapan yang disepakati yang datang dari coachee. Perccakapan kreatif merupakan bentuk percakapan dua arah yang dilakukan untuk menggali dan memetakan situasi coachee sehingga dapat menghasilkan pemikiran atau ide-ide baru. Coaching dapat memaksimalkan potensi sebab percakapan ditutup dengan kesimpulan yang dinyatakan oleh coachee dan menghasilkan rencana tindakan.

Pembelajaran berdiferensiasi dapat dilaksanakan dengan menggunakan tiga strategi berdasarkan kesiapan belajar, minat belajar, dan profil belajar. Strategi pertama adalah diferensiasi konten. Konten adalah apa yang diajarkan kepada murid. Konten dapat dibedakan berdasarkan kesiapan belajar, minat belajar, dan profil belajar atau kombinasi ketiganya. 

Dengan Pembelajaran sosial emosional diharapkan dapat memberikan pemahaman penghayatan dan kemampuan bagi murid untuk mengelola emosi (kesadaran diri), menetapkan dan mencapai tujuan positif (pengelolaan diri), merasakan dan menunjukkan empati kepada orang lain (kesadaran sosial), membangun dan mempertahankan hubungan yang positif (keterampilan membangun relasi), dan membuat keputusan yang bertanggung jawab. (pengambilan keputusan yang bertanggung jawab).

Praktik Coaching

Pembelajaran sosial emosi adalah Pembelajaran Sosial dan Emosional adalah pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif oleh seluruh komunitas sekolah. Proses kolaborasi ini memungkinkan anak dan orang dewasa di sekolah memperoleh dan menerapkan pengetahuan, keterampilan dan sikap positif mengenai aspek sosial dan emosional.Praktik coaching perlu adanya keterampilan dasar antara lain keterampilan membangun hubungan baik, keterampilan berkomunikasi, dan keterampilan memfasilitasi pembelajaran. Dalam komunikasi yang memberdayakan seorang coach perlu membangun komunikasi asertif  dengan memahami gaya komunikasi manusia, membangun relasi yang memunculkan rasa aman dan percaya. Komunikasi asertif juga dapat menyamakan posisi diri dengan lawan bicara sehingga akan membangun respect. Seorang coach juga perlu menjadi seorang pendengar aktif, mampu bertanya secara efektif, dan memberikan umpan balik yang positif.

Pembelajaran Sosial dan Emosional adalah pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif oleh seluruh komunitas sekolah. Proses kolaborasi ini memungkinkan anak dan orang dewasa di sekolah memperoleh dan menerapkan pengetahuan, keterampilan dan sikap positif mengenai aspek sosial dan emosional.

Pembelajaran sosial dan emosional bertujuan:

1. memberikan pemahaman, penghayatan dan kemampuan untuk mengelola emosi (kesadaran diri)

2. menetapkan dan mencapai tujuan positif (pengelolaan diri)

3. merasakan dan menunjukkan empati kepada orang lain (kesadaran sosial)

4. membangun dan mempertahankan hubungan yang positif (keterampilan membangun relasi)

5. membuat keputusan yang bertanggung jawab.  (pengambilan keputusan yang bertanggung jawab)

Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional (PSE)  dapat dilakukan dengan 4 cara:

1. Mengajarkan Kompetensi Sosial Emosional (KSE)  secara spesifik dan eksplisit

2. Mengintegrasikan Kompetensi Sosial Emosional (KSE) ke dalam praktik mengajar guru dan gaya interaksi dengan murid

3. Mengubah kebijakan dan ekspektasi sekolah terhadap murid

4. Mempengaruhi pola pikir murid tentang persepsi diri, orang lain dan lingkungan.

Coaching dalam praktinya di sekolah dilakukan dengan model TIRTA, yaitu dengan memunculkan tujuan yang akan dicapai, mengidentifikasi masalah atau tantangan, menyusun rencana aksi, dan melakukan tanggung jawab dari aksi yang akan dilakukan.


Coaching bila dikaitkan dengan filosofi KHD dapat dijadikan sebagai alat bantu guru dalam menuntun kodrat anak menemukan solusi dalam mencapai kebahagiaan dan keselamatan sebagai seorang manusia atau anggota masyarakat. Sistem Among (Tut Wuri Handayani) menjadi salah satu kekuatan dalam pendekatan pendampingan (coaching) bagi guru. Tut Wuri (mengikuti, mendampingi) mempunyai makna mengikuti/mendampingi perkembangan murid dengan penuh (holistik) berdasarkan cinta kasih tanpa pamrih, tanpa keinginan menguasai dan memaksa. Handayani (mempengaruhi) mempunyai makna merangsang, memupuk, membimbing dan memberi teladan agar murid mengembangkan pribadinya melalui disiplin pribadi. Among merupakan bahasa Jawa yang memiliki arti mengasuh, mengikuti, mendampingi. Guru (Pamong/Pedagog) adalah seorang memiliki cinta kasih dalam membimbing murid sesuai dengan kekuatan kodratnya. Guru sejatinya bebas dari segala ikatan/belenggu untuk menguasai dan memaksa murid. Sistem Among dapat disebut juga sebagai upaya memanusiakan sang anak sebagai seorang manusia (humanisasi).

Coaching sejalan dengan peran serta nilai guru penggerak dalam menciptakan merdeka belajar sesuai dengan profil pelajar pancasila. Coaching dapat memecahkan suatu tantangan yang dihadapi baik oleh murid maupun guru sehingga sejalan dengan visi sekolah yang berpihak kepada murid. Coaching merupakan proses yang bisa dilakukan oleh guru sesuai peran sebagai manager di sekolah sehingga praktik restitusi budaya positif berjalan dengan efektif dan efisien. Coaching menumbuhkan minat anak sesuai karakternya masing-masing sehingga pemetaan dan penerapan pembelajaran berdiferensiasi dan sosial emosional lebih mudah dilakukan oleh guru.


Comments

Popular posts from this blog

KLS 9,HOPE, WISH & CONGRATULATIONS, PJJ minggu ke 1

    A.    C O N C E P T Activity 1: Read the conversations and identify the expressions of hope, wish and congratulations. 1.     Nasywa  : How are you Ayu? Ayu         : I get a little problem, I have stomachache. Nasywa  : Oh, I see. Have you seen the doctor? Ayu         : Yes, and it is getting better. Nasywa : Oh great, I hope you will get better soon. Ayu         : Thanks, Nasywa. 2.     Dika         : What are you doing, Iman? Iman        : Well, it’s very difficult. Dika         : Are you fixing your laptop? Iman        : No, I wish I knew how to use this software. Dika         : Hmm… I see. wh...

RPP Bahasa Inggris SMP Genap dan Video Pembelajaran 7, 8, 9

RPP BAHASA INGGRIS GENAP SMP   Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. Berikut adalah  RPP Bahasa Inggris SMP Genap, silahkan didownload  RPP BAHASA INGGRIS KELAS 7 SEMESTER GENAP RPP BAHASA INGGRIS KELAS 8 SEMESTER GENAP RPP BAHASA INGGRIS KELAS 9 SEMESTER GENAP VIDEO BAHASA INGGRIS GENAP SMP LIST  MATERI PEMBELAJARAN BIG KELAS 7 SMP MATERI KELAS 7 BAHASA INGGRIS GENAP CHAPTER 5 The qualities of people, things, and animals Asking Giving Information About People https://youtu.be/28FODFc7l4g Asking Giving Information About Things https://youtu.be/p5-3Ac5HQTY   Asking Giving Information About Animals https://youtu.be/n9Zd2llLRHo Adjectives https://youtu.be/CV9ypxvqqrY CHAPTER 6 We love what we do actions/functions of people, animals and things tindakan/fungsi orang...

RPP Bahasa Inggris SMP dan video pembelajaran Ganjil

RPP BAHASA INGGRIS SMP GANJIL Silahkan download RPP Bahasa Inggris SMP Kelas 7,8,9 klik pada link biru SEMESTER GANJIL Kelas 7  RPP KELAS 7 GANJIL Kelas 8  RPP KELAS 8 GANJIL Kelas 9  RPP BIG KELAS 9 GANJIL Koleksi video Pembelajaran   kelas 7  LESSON 1 *Greetings, leave taking, apologizing, thanking* https://youtu.be/0epY72Hbt1Y   *Greetings,leave taking* https://youtu.be/mTGZkD0cOdw *Thanking* https://youtu.be/vwVhm3xNS68  apologizing LESSON 2 *Identitas (identity)* https://youtu.be/T4HJFNsHqAI identity 2 *hobi (hobby)* https://youtu.be/FeITfVdZ4vM *anggota keluarga (member of family)* https://youtu.be/gTnksmGKtWU LESSON 3 *TELLING TIMES* https://youtu.be/cikkM49BOQc *TELLING THE DAYS OF A WEEK* https://youtu.be/FA_W74rI1Ec  *TELLING DATES AND MONTHS* https://youtu.be/iH9Kc5PkWAM kelas 8 VIDEO PEMBELAJARAN BIG KELAS 8 SMP GANJIL LESSON 1 *ASKING FOR ATTENTION, CHECKING UNDERSTANDING, APPRECIATING, ASKING OPINION*  https://youtu.be/3OhP...

PJJ Minggu ke 2 kelas 9

Hope, wish and Congratulations Activity 3: Ask your friends the following questions & write the answer! No Questions Answers 1 What do you say to express hope? 2. What do you say to express wish? 3 What do you say to express congratulation? Hope Vs Wish We use hope in this situation. For example: I'm sorry you're not well. I hope you feel better soon , (not I wish you feel) Compare I wish and I hope: I wish you a pleasant stay here. I hope you have a pleasant stay here, (not I wish you have ) Activity 4 Put in wish(ed) or hope(d) . 1.       I wish you a pleasant stay here. 2.       Enjoy your holiday. I ________ you have a great time. 3.       Goodbye. I ______ you all the best. 4.     We said goodbye to each other and _______ each other luck. 5.   ...

NASKAH UJIAN SEKOLAH BAHSA INGGRIS SMP KELAS 9

Ujian Sekolah di tingkat satuan pendidikan tetap dilaksanakan kendati Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) telah ditiadakan dan digantikan dengan Asesmen Nasional yang terdiri dari AKM (Asesmen Kompetensi Minimum), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.  Ujian Sekolah (US) menjadi salah satu faktor penting untuk melakukan penilaian terhadap pencapaian standar kompetensi lulusan (SKL). Ujian sekolah menjadi kewenangan setiap satuan pendidikan untuk melaksanakannya sesuai SOP Ujian Sekolah yang telah ditentukan. A. Pengertian Ujian Sekolah: Ujian sekolah adalah ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan pada akhir jenjang dengan tujuan untuk menilai pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku. B. Target Ujian Sekolah: Seluruh siswa pada akhir jenjang yang memenuhi persyaratan sebagai berikut: telah berada pada tahun terakhir di masing-masing jenjang atau program paket kesetaraan. mem...

KLS 7 , Materi dan Latihan Minggu ke 1

GREETINGS Before learning Chapter 1, please write the information about yourself: Name                       :______________________________ Age                          : ______________________________  Class                        : ______________________________ Attendence Number : ______________________________ School                      : ______________________________ Asking / Questions How are you? How is life ? How do you do? How is everything with you? How are you doing? Responses I’m fine. Not bad, thanks. How do you do? Pretty well, thanks. I am very well, thanks, A.    CONCEPT Activity 1   Complete the responses and read the dialogues ...

KLS 8, Your attention please , seri 1

CONCEPT Look at the expressions. A.    Expressions of Asking for Attention. Add another at the last number. Write the responds. No Asking for Attention Respond 1 Teacher    :   May I get your attention, please ? Students :   Yes Maam… 2 Class Captain   :   I need your attention ! C lass :   O.K.    What’s up? 3 Please , don’t be noisy. Attention please! 4 Excuse me, . . . . 5 Look! 6 Please. Look at me every body! 7 Listen please! 8 Can you give me a second? 9

KLS 7 seri 2

Activity 3  Practi c e the dialogue with your partner then answer the questions Dialogue 1 Mrs. Sri : Good morning, Dayu Dayu : Oh, good morning, ma'am. How are you? Mrs. Sri : Very well, thank you. How about you, Dayu? Dayu : I'm fine, thank you, ma'am Dialogue 2 Mr. Susanto : Good evening, Din. Udin : Oh, good evening , Mr. Susanto . How are you, Sir? Mr. Susanto : Very well, thank you. How about you, Udin? Udin : I'm very well, thank you, Sir. Questions: 1. Who are speaking in dialogue 1? 2. who are speaking in dialogue 2? 3. What does Mrs.Sri say to greet Dayu? 4. What does Mr. Susanto say to greet Udin? 5.  Compare dialogue 1 and 2, Do the two dialogues happen at the same time?   Explain why yes or no!   Activity 4 Choose A, B, or C 1 . ......................... old...

TUGAS KLS 7 GANJIL ACTIVITY

  Tulis jawaban di buku tulis, upload di google drive

TUGAS KELAS 7 MINGGU PERTAMA SEPT (sept 1.2)