Skip to main content

CONTOH PROPOSAL KE SEKOLAH UNTUK PENGAJUAN LOMBA SISWA

 

LEMBAR PENGESAHAN

KEGIATAN LOMBA KREATIVITAS BERBICARA BAHASA INGGRIS / ENGLISH SPEAKING COMPETITION (ESC)

MGMP BAHASA INGGRIS SIDOARJO 2021

 

 

Menyetujui,                                                                 Sidoarjo, 19 Januari 2021

Waka Kesiswaan,                                                        Guru Pembimbing B.Inggris Sidoarjo

                                                                                                           

 

 

_______________________                                      Amaliah, S.S.

NIP.                                                                            NIP. 198010122014072002

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah SMPN 2 Sidoarjo

 

 

 

 

_______________________

NIP.

 

 

 

 

 

 

 

 

PROPOSAL

LOMBA KREATIVITAS BERBICARA BAHASA INGGRIS /

ENGLISH SPEAKING COMPETITION (ESC)

MGMP BAHASA INGGRIS 2021

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SMP NEGERI 2 SIDOARJO

JALAN RAYA PONTI SIDOARJO, JAWA TIMUR

TELP. 0318941132

 

PROPOSAL LOMBA KREATIVITAS BERBICARA BAHASA INGGRIS /

ENGLISH SPEAKING COMPETITION (ESC)

 

A. Latar Belakang

Berbicara dipandang sebagai keterampilan berbahasa yang sangat penting yang harus dikuasai oleh siswa (Hyland, 2007). .Dengan keterampilan berbicara yang baik, seseorang dapat menyebarluaskan pemikiran, pandangan, pendapat, gagasan atau perasannya tentang berbagai hal secara produktif, menarik, dan mudah dipahami. Akan tetapi, keterampilan berbicara merupakan keterampilan berbahasa yang paling sulit dikuasai karena berbicara adalah proses kognitif yang sangat rumit (Sibarani, 2007). Aktivitas berbicara tidak dapat dilepaskan dari budaya baca-tulis (Barton, Hamilton, & Ivanic, 2000).

Budaya baca-tulis (literasi) merupakan kebalikan dari budaya dengarucap (orasi) (Alwasilah, 2005). Orang yang berpendidikan biasa disebut literat karena mampu melakukan keduanya. Pembelajaran berbicara sebagai salah satu aspek dalam pembelajaran bahasa kurang ditangani dengan sungguh-sungguh. Siswa dan guru biasanya lebih menekankan kegiatan pembelajaran terhadap penguasaan materi yang mengarah pada keberhasilan siswa dalam ulangan tertulis. Padahal, belajar membaca merupakan seperangkat proses yang kompleks dan sulit sehingga memerlukan kerangka metodologi pembelajaran yang jelas pada semua tahapan pembelajaran (Knapp & Watkins, 2005). Salah satu upaya MGMP Bahasa Inggris Kabupaten Sidoarjo untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah dengan melakukan kegiatan ESC lomba kreativitas berbicara bahasa inggris /English Speaking Competition.

 Kegiatan tersebut berpotensi menanamkan karakter dan nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh masyarakat, bukan hanya di tingkat lokal dan nasional, tetapi juga regional dan internasional. Hal tersebut adalah wujud nyata dukungan terhadap pelaksanaan pendidikan berbasis kompetensi yang diusung oleh Kurikulum 2013, yang mencakup pengembangan sikap dan karakter, keterampilan berpikir kritis, serta pengetahuan yang diperlukan untuk dapat menghadapi keragaman, perubahan, dan perkembangan yang terus ada dan terjadi dalam kehidupan pribadi, masyarakat, dan profesi pekerjaan. Beberapa teks yang menjadi bagian penting bagi pembangunan karakter generasi penerus adalah cerita rakyat, pengalaman, deskripsi. Indonesia yang terdiri dari beragam suku, budaya serta adat istiadat adalah negara yang kaya akan cerita baik berupa dongeng, mitologi maupun jenis cerita lainnya. Kekayaan ini sudah selayaknya dipertahankan dan dilestarikan supaya generasi penerus tetap mengenal akar budayanya. Sebagai bagian dari masyarakat global yang juga bertanggung jawab terhadap masa depan bumi ini, generasi muda juga perlu memiliki semangat untuk menjadikan cerita asli Indonesia dikenal luas di dunia internasional agar nilai-nilai luhur bangsa ini dapat ditebarkan ke bangsa-bangsa lain. Caranya, antara lain, adalah dengan menyampaikan cerita-cerita asli Indonesia dengan bahasa pengantar yang dikenal luas, dan bahasa Inggris adalah salah satunya.

Dengan kemampuan berbicara bahasa Inggris, generasi muda juga dapat mengasah keterampilan siswa juga meningkatkan keterampilan berpikri kritis dengan membandingkan, mengambil pelajaran dan menggunakannya untuk mengembangkan nilai-nilai yang bermanfaat bagi dirinya dan lingkungannya.  Melalui kegiatan yang terarah, mengenal dan membaca cerita dari berbagai bangsa akan berpotensi membuka wawasan generasi penerus untuk pengembangan karakter bangsa yang terbuka, selalu ingin tahu, mudah beradaptasi, menghargai perbedaan, tidak merasa paling benar, dan bahkan akan semakin menyadari kekurangan diri dan budayanya. Di sisi lain, kegiatan tersebut juga akan berpotensi menumbuhkan kesadaran akan berbagai kelebihan yang dimiliki bangsa ini, yang akan berdampak pada tumbuhnya rasa bangga, percaya diri, dan semakin terkikisnya rasa rendah diri dibandingkan dengan bangsa-bangsa lain.

Kegiatan ini tidak hanya berorientasi pada kejuaraan. Esensi kegiatan ini terletak pada nilai pendidikannya, sebagai pengalaman belajar (learning experience), sekaligus sebagai upaya menguatkan pendidikan karakter, seperti sikap saling menghargai, saling menghormati, solidaritas dan toleransi. Agar pelaksanaan ESC 2021 sebagaimana yang dimaksud dapat terlaksana dengan baik, maka perlu disusun buku petunjuk pelaksanaan yang dapat digunakan sebagai pegangan panitia, siswa, guru, dewan juri dan pihakterkait.

 

B. Dasar Hukum

1. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

2. Undang-Undang RI Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

3. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

4. Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan.

5. Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

6. Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

7. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan.

8. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

 

C. Tujuan

1. Meningkatkan keterampilan berbicara peserta lomba terutama kreativitas bercerita Bahasa Inggris lisan dan tulis melalui lomba ESC;

2. Memotivasi sekolah agar berperan aktif memfasilitasi siswa guna meningkatkan prestasi belajar pada bidang Bahasa Inggris;

3. Mengembangkan kreativitas dan daya pikir kritis siswa SMP se-Sidoarjo dalam menafsirkan isi cerita, mengembangkan cerita, serta menyampaikan cerita secara lisan di depan public

4. Membina dan memacu kreativitas peserta sebagai sarana promosi bakat dan minat peserta;

5. Mengembangkan sikap kompetitif dalam diri siswa yang berwawasan global.

 

D. Sasaran Kegiatan

Siswa SMPN 2 Sidoarjo sejumlah 6 siswa dengan rincian:

-Kelas 7= 2 siswa

-Kelas 8= 2 siswa

-Kelas 9= 2 siswa

 

E. Pengertian ESC

Kegiatan ESC (English Speaking Competition) 2021 adalah suatu kegiatan yang bersifat mengasah keterampilan berbicara Bahasa Inggris antar siswa SMP atau yang sederajat dalam lingkup wilayah Sidoarjo yang diadakan oleh MGMP Kabupaten Sidoarjo.

Ada 3 cabang lomba:

1.      Kelas 7 Descriptive text.

2.      Kelas 8 Recount Text

3.      Kelas 9 Narrative text

 

F. Tema Lomba ESC

Pada tahun 2021, ESC bertema: “Boost your creativity in this pandemic”

Sedangkan sub tema masing-masing:

·         Kelas 7 Descriptive text. (My favourite animals, people, or things)

·         Kelas 8 Recount Text (Experience of learning during Covid 19 pandemic)

·         Kelas 9 Narrative text (Indonesian Story and international story. Kedua tema ini optional, bisa dipilih salah satu, diusung untuk memberi ruang sebesar-besarnya kepada peserta didik untuk terus berimajinasi.)

 

G. Cabang Kreativitas Berbahasa Inggris yang Dilombakan

Cabang yang dilombakan tahun 2021 ini terdiri atas 3 (tiga) jenis cabang sebagai berikut :

1.      Kelas 7 Descriptive text.

2.      Kelas 8 Recount Text

3.      Kelas 9 Narrative text

 

H. Hasil yang Diharapkan

1. Terciptanya suasana kompetitif yang sehat antar siswa di sekolah;

2. Mengembangkan penguatan pendidikan karakter di bidang literasi dan sastra melalui kreativitas siswa;

3. Terwujudnya rasa cinta untuk melestarikan nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa;

4. Terwujudnya sikap nasionalisme, kerjasama dan toleransi terhadap nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa; dan

5. Terwujudnya rasa bhinneka yang semakin kuat.

 

I. Penyelenggaraan Lomba

Lomba dilaksanakan secara online, Hari Selasa, tanggal 9 Feb hingga 3Maret untuk tahap pengumpulan video dan penilaian masyarakat umum.

 

 J. Persyaratan Peserta

Persyaratan peserta adalah siswa SMP/MTs negeri dan swasta atau yang sederajat dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Siswa kelas VII, VIII, atau IX tahun ajaran 2020/2021 yang masih berstatus sebagai siswa SMP saat mengikuti lomba dengan dibuktikan surat keterangan dari Kepala Sekolah yang bersangkutan;

2. Memiliki NIS (Nomor Induk Siswa)

3. Dikirim oleh sekolah yang bersangkutan dengan jumlah peserta minimal 2 (dua) siswa untuk masing-masing cabang lomba tiap level.

4. Peserta hanya berhak mengikuti satu bidang lomba.

 

K. Ketentuan Lomba

1. Pendaftaran dibuka sejak diumumkan. Semua pendaftaran telah diterima oleh panitia selambat-lambatnya 9 Maret 2021;

2. Peserta lomba diwajibkan mengisi formulir pendaftaran online dan mendapatkan ijin mengikuti lomba oleh kepala sekolah;

3. Video yang dilombakan menjadi hak tayang MGMP Bahasa Inggris dan dapat diunggah oleh panitia lomba untuk menambah khasanah video pembelajaran berbagai macam teks pada sekolah-sekolah Negeri maupun swasta (SMP/ MTSN/ sederajad) se-Kabupaten Sidoarjo dengan mencantumkan nama peserta sebagai sumber data;

4. Video peserta yang terpilih sebagai juara akan menerima penghargaan berupa trophy dan sertifikat Kepala Dinas Pedidikan dan Kebudayaan kabupaten Sidoarjo.

 

L. Prosedur, Teknis Lomba dan Peraturan  

Prosedur dan Teknis Lomba Berbicara/ English Speaking Competition (ESC) 2021 secara umum:

a. Semua peserta mengenakan seragam sekolah masing-masing, kecuali untuk storytelling menyesuaikan cerita

b. tidak ada unsur yang menyinggung pertentangan SARAP (Suku, Agama, Ras, Antargolongan, dan Politik)

c. Video berdurasi 3 hingga 5 menit

d. Video tanpa intro ataupun outro, langsung pada pembuka/perkenalan diri, konten/ isi, dan penutup dengan menggunakan Bahasa Inggris.

e. Karya yang dibuat merupakan karya orisinil dan tidak melanggar hak kekayaan intelektual pihak manapun.

f. Panitia tidak menerima komplain keterlambatan dikarenakan peserta tidak mengikuti berita/ informasi dari panitia lomba.

g. Pengumpulan karya diusahakan 1 minggu sebelum batas akhir pengumpulan karya.

h. Panitia berhak membatalkan kepesertaan calon peserta bila peserta atau karya tidak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

i. MGMP Bahasa Inggris memiliki hak publikasi untuk dapat bermanfaat bagi pembelajaran di SMP/ MTS

j. Keputusan panitia dan/atau juri tidak dapat diganggu gugat.

 

Untuk prosedur dan Teknis Lomba Berbicara/ English Speaking Competition (ESC) 2021 secara khusus dirinci masing-masing jenjang :

1. Prosedur dan Teknis Lomba Berbicara/ English Speaking Competition (ESC) 2021 bagi Kelas 9, teks narrative:

a. Bentuk cerita mencakup cerita rakyat (folklore), mitologi (myth), legenda (legend), dan fabel (fable) dengan “sentuhan baru” secara inovatif baik dalam penafsiran isi pesan, pengembangan alur cerita, ataupun teknik penyajiannya. Sebagai contoh, pendongeng atau story teller mampu mengubah susunan alur cerita, sudut pandang bercerita/gaya penceritaan, menambah detil cerita tanpa “merusak” inti cerita dan kreatifitas lainnya.

 

b. Penggunaan properti dan kostum diperbolehkan, namun hendaknya tidak mengganggu storyteller maupun penonton. Properti dan kostum yang berlebihan atau tidak mendukung tercapainya tujuan bercerita tidak disarankan. Story telling lebih menekankan kekuatan kata (power of words), ketercapaian pesan dan interaksi dengan penonton.

 

c. Cerita yang dipilih harus sesuai dengan tema lomba. Cerita dapat diambil langsung atau saduran dari cerita yang sudah ada, atau dimodifikasi sendiri oleh peserta. Isi cerita memberikan keteladanan dalam menerapkan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa.

 

d. Setiap peserta menyampaikan satu cerita, 3 sampai 5 menit. Tanpa intro dan outro, langsung pada perkenalan diri, konten, dan penutup.

 

e.  Mengenakan busana yang rapi sopan santun, tidak merepotkan peserta maupun pembimbingnya;

g.                  Pengumuman juara 123

h.                  Sertifikat peserta, dan sertifikat guru pembimbing diberikan secara online melalui email/ google drive. (e-certificate)

 

2.Prosedur dan Teknis Lomba Berbicara/ English Speaking Competition (ESC) 2021 bagi Kelas 8, teks Recount:

a. menceritakan pengalaman belajar di rumah dengan tema “staying at home and practicing English.”

b. pengalaman adalah nyata dialami oleh peserta didik sendiri, bukan rekaan/ fiksi dan dapat menginspirasi peserta didik lain.

c. diceritakan menggunakan bentuk lampau/ past tense

d. Menyampaikan secara kreatif, boleh menggunakan alat bantu/ media yang mendukung secara lisan dengan muka menghadap langsung ke penonton, dengan cara berdiri dan/ atau duduk pada satu titik, dan dilakukan secara komunikatif.

 

 

3.Prosedur dan Teknis Lomba Berbicara/ English Speaking Competition (ESC) 2021 bagi Kelas 7, teks Descriptive:

a. mendeskripsikan benda, binatang atau orang yang disukai oleh peserta didik

dengan tema “My favourite things, animals, and people”

b. Hal yang dideskripsikan bersifat positif membangun, dapat menginspirasi peserta didik lain dan dapat dijadikan sumber pembelajaran.

c. Dideskripsikan dengan simple present tense, masa sekarang.

d. Menyampaikan secara kreatif, boleh menggunakan alat bantu/ media yang mendukung secara lisan dengan muka menghadap langsung ke penonton, dengan cara berdiri dan/ atau duduk pada satu titik, dan dilakukan secara komunikatif.

 

 

J. Rencana Anggaran

Rencana Pengeluaran

1. Pendaftaran @ Rp. 75.000 x 6 Siswa                            Rp       450.000,00

2. Biaya latihan online (beli pulsa) @ 15.000 x 6 siswa  Rp          90.000,00

3. Biaya pulsa guru                                                           Rp.          15.000,00

Biaya Tidak Terduga                                                        Rp.          20.000, 00     +

Total                                                                                      Rp          575.000,00

 

K.     Waktu dan Pelaksanaan

Kompetisi Bahasa Inggris (English Speaking Competition 2021) dilaksanakan pada :

Hari, tanggal                : Selasa, 9 Februari sd 3 Maret 2021

Waktu                          : 09.00 WIB – 18.00 WIB

Tempat                        : Online

 

L.    Penutup

Demikian proposal kegiatan ESC 2021 yang diselenggarakan oleh MGMP Bahasa Inggris Kabupaten Sidoarjo ini. Semoga dapat memenuhi harapan kita semua. Kami sangat mengharapkan masukan, dukungan dan motivasi. Atas perhatian serta dukungan Bapak Kepala Sekolah yang diberikan kami mengucapkan terima kasih. 

 

 

 

Comments

Popular posts from this blog

KLS 9,HOPE, WISH & CONGRATULATIONS, PJJ minggu ke 1

    A.    C O N C E P T Activity 1: Read the conversations and identify the expressions of hope, wish and congratulations. 1.     Nasywa  : How are you Ayu? Ayu         : I get a little problem, I have stomachache. Nasywa  : Oh, I see. Have you seen the doctor? Ayu         : Yes, and it is getting better. Nasywa : Oh great, I hope you will get better soon. Ayu         : Thanks, Nasywa. 2.     Dika         : What are you doing, Iman? Iman        : Well, it’s very difficult. Dika         : Are you fixing your laptop? Iman        : No, I wish I knew how to use this software. Dika         : Hmm… I see. wh...

RPP Bahasa Inggris SMP Genap dan Video Pembelajaran 7, 8, 9

RPP BAHASA INGGRIS GENAP SMP   Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. Berikut adalah  RPP Bahasa Inggris SMP Genap, silahkan didownload  RPP BAHASA INGGRIS KELAS 7 SEMESTER GENAP RPP BAHASA INGGRIS KELAS 8 SEMESTER GENAP RPP BAHASA INGGRIS KELAS 9 SEMESTER GENAP VIDEO BAHASA INGGRIS GENAP SMP LIST  MATERI PEMBELAJARAN BIG KELAS 7 SMP MATERI KELAS 7 BAHASA INGGRIS GENAP CHAPTER 5 The qualities of people, things, and animals Asking Giving Information About People https://youtu.be/28FODFc7l4g Asking Giving Information About Things https://youtu.be/p5-3Ac5HQTY   Asking Giving Information About Animals https://youtu.be/n9Zd2llLRHo Adjectives https://youtu.be/CV9ypxvqqrY CHAPTER 6 We love what we do actions/functions of people, animals and things tindakan/fungsi orang...

RPP Bahasa Inggris SMP dan video pembelajaran Ganjil

RPP BAHASA INGGRIS SMP GANJIL Silahkan download RPP Bahasa Inggris SMP Kelas 7,8,9 klik pada link biru SEMESTER GANJIL Kelas 7  RPP KELAS 7 GANJIL Kelas 8  RPP KELAS 8 GANJIL Kelas 9  RPP BIG KELAS 9 GANJIL Koleksi video Pembelajaran   kelas 7  LESSON 1 *Greetings, leave taking, apologizing, thanking* https://youtu.be/0epY72Hbt1Y   *Greetings,leave taking* https://youtu.be/mTGZkD0cOdw *Thanking* https://youtu.be/vwVhm3xNS68  apologizing LESSON 2 *Identitas (identity)* https://youtu.be/T4HJFNsHqAI identity 2 *hobi (hobby)* https://youtu.be/FeITfVdZ4vM *anggota keluarga (member of family)* https://youtu.be/gTnksmGKtWU LESSON 3 *TELLING TIMES* https://youtu.be/cikkM49BOQc *TELLING THE DAYS OF A WEEK* https://youtu.be/FA_W74rI1Ec  *TELLING DATES AND MONTHS* https://youtu.be/iH9Kc5PkWAM kelas 8 VIDEO PEMBELAJARAN BIG KELAS 8 SMP GANJIL LESSON 1 *ASKING FOR ATTENTION, CHECKING UNDERSTANDING, APPRECIATING, ASKING OPINION*  https://youtu.be/3OhP...

PJJ Minggu ke 2 kelas 9

Hope, wish and Congratulations Activity 3: Ask your friends the following questions & write the answer! No Questions Answers 1 What do you say to express hope? 2. What do you say to express wish? 3 What do you say to express congratulation? Hope Vs Wish We use hope in this situation. For example: I'm sorry you're not well. I hope you feel better soon , (not I wish you feel) Compare I wish and I hope: I wish you a pleasant stay here. I hope you have a pleasant stay here, (not I wish you have ) Activity 4 Put in wish(ed) or hope(d) . 1.       I wish you a pleasant stay here. 2.       Enjoy your holiday. I ________ you have a great time. 3.       Goodbye. I ______ you all the best. 4.     We said goodbye to each other and _______ each other luck. 5.   ...

NASKAH UJIAN SEKOLAH BAHSA INGGRIS SMP KELAS 9

Ujian Sekolah di tingkat satuan pendidikan tetap dilaksanakan kendati Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) telah ditiadakan dan digantikan dengan Asesmen Nasional yang terdiri dari AKM (Asesmen Kompetensi Minimum), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.  Ujian Sekolah (US) menjadi salah satu faktor penting untuk melakukan penilaian terhadap pencapaian standar kompetensi lulusan (SKL). Ujian sekolah menjadi kewenangan setiap satuan pendidikan untuk melaksanakannya sesuai SOP Ujian Sekolah yang telah ditentukan. A. Pengertian Ujian Sekolah: Ujian sekolah adalah ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan pada akhir jenjang dengan tujuan untuk menilai pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku. B. Target Ujian Sekolah: Seluruh siswa pada akhir jenjang yang memenuhi persyaratan sebagai berikut: telah berada pada tahun terakhir di masing-masing jenjang atau program paket kesetaraan. mem...

KLS 7 , Materi dan Latihan Minggu ke 1

GREETINGS Before learning Chapter 1, please write the information about yourself: Name                       :______________________________ Age                          : ______________________________  Class                        : ______________________________ Attendence Number : ______________________________ School                      : ______________________________ Asking / Questions How are you? How is life ? How do you do? How is everything with you? How are you doing? Responses I’m fine. Not bad, thanks. How do you do? Pretty well, thanks. I am very well, thanks, A.    CONCEPT Activity 1   Complete the responses and read the dialogues ...

KLS 8, Your attention please , seri 1

CONCEPT Look at the expressions. A.    Expressions of Asking for Attention. Add another at the last number. Write the responds. No Asking for Attention Respond 1 Teacher    :   May I get your attention, please ? Students :   Yes Maam… 2 Class Captain   :   I need your attention ! C lass :   O.K.    What’s up? 3 Please , don’t be noisy. Attention please! 4 Excuse me, . . . . 5 Look! 6 Please. Look at me every body! 7 Listen please! 8 Can you give me a second? 9

KLS 7 seri 2

Activity 3  Practi c e the dialogue with your partner then answer the questions Dialogue 1 Mrs. Sri : Good morning, Dayu Dayu : Oh, good morning, ma'am. How are you? Mrs. Sri : Very well, thank you. How about you, Dayu? Dayu : I'm fine, thank you, ma'am Dialogue 2 Mr. Susanto : Good evening, Din. Udin : Oh, good evening , Mr. Susanto . How are you, Sir? Mr. Susanto : Very well, thank you. How about you, Udin? Udin : I'm very well, thank you, Sir. Questions: 1. Who are speaking in dialogue 1? 2. who are speaking in dialogue 2? 3. What does Mrs.Sri say to greet Dayu? 4. What does Mr. Susanto say to greet Udin? 5.  Compare dialogue 1 and 2, Do the two dialogues happen at the same time?   Explain why yes or no!   Activity 4 Choose A, B, or C 1 . ......................... old...

TUGAS KLS 7 GANJIL ACTIVITY

  Tulis jawaban di buku tulis, upload di google drive

TUGAS KELAS 7 MINGGU PERTAMA SEPT (sept 1.2)