LEMBAR
PENGESAHAN
KEGIATAN LOMBA
KREATIVITAS BERBICARA BAHASA INGGRIS / ENGLISH SPEAKING COMPETITION (ESC)
MGMP BAHASA INGGRIS
SIDOARJO 2021
Menyetujui, Sidoarjo,
19 Januari 2021
Waka Kesiswaan, Guru
Pembimbing B.Inggris Sidoarjo
_______________________ Amaliah, S.S.
NIP. NIP.
198010122014072002
Mengetahui,
Kepala
Sekolah SMPN 2 Sidoarjo
_______________________
NIP.
PROPOSAL
LOMBA
KREATIVITAS BERBICARA BAHASA INGGRIS /
ENGLISH
SPEAKING COMPETITION (ESC)
MGMP
BAHASA INGGRIS 2021
SMP NEGERI 2 SIDOARJO
JALAN RAYA PONTI SIDOARJO, JAWA TIMUR
TELP. 0318941132
PROPOSAL
LOMBA KREATIVITAS BERBICARA BAHASA INGGRIS /
ENGLISH
SPEAKING COMPETITION (ESC)
A. Latar Belakang
Berbicara dipandang sebagai
keterampilan berbahasa yang sangat penting yang harus dikuasai oleh siswa
(Hyland, 2007). .Dengan keterampilan berbicara yang baik, seseorang dapat
menyebarluaskan pemikiran, pandangan, pendapat, gagasan atau perasannya tentang
berbagai hal secara produktif, menarik, dan mudah dipahami. Akan tetapi,
keterampilan berbicara merupakan keterampilan berbahasa yang paling sulit
dikuasai karena berbicara adalah proses kognitif yang sangat rumit (Sibarani,
2007). Aktivitas berbicara tidak dapat dilepaskan dari budaya baca-tulis
(Barton, Hamilton, & Ivanic, 2000).
Budaya baca-tulis (literasi) merupakan kebalikan dari
budaya dengarucap (orasi) (Alwasilah, 2005). Orang yang berpendidikan biasa
disebut literat karena mampu melakukan keduanya. Pembelajaran berbicara sebagai
salah satu aspek dalam pembelajaran bahasa kurang ditangani dengan
sungguh-sungguh. Siswa dan guru biasanya lebih menekankan kegiatan pembelajaran
terhadap penguasaan materi yang mengarah pada keberhasilan siswa dalam ulangan
tertulis. Padahal, belajar membaca merupakan seperangkat proses yang kompleks
dan sulit sehingga memerlukan kerangka metodologi pembelajaran yang jelas pada
semua tahapan pembelajaran (Knapp & Watkins, 2005). Salah satu upaya MGMP
Bahasa Inggris Kabupaten Sidoarjo untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
adalah dengan melakukan kegiatan ESC lomba
kreativitas berbicara bahasa inggris /English Speaking Competition.
Kegiatan tersebut berpotensi menanamkan
karakter dan nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh masyarakat, bukan hanya di
tingkat lokal dan nasional, tetapi juga regional dan internasional. Hal
tersebut adalah wujud nyata dukungan terhadap pelaksanaan pendidikan berbasis
kompetensi yang diusung oleh Kurikulum 2013, yang mencakup pengembangan sikap
dan karakter, keterampilan berpikir kritis, serta pengetahuan yang diperlukan
untuk dapat menghadapi keragaman, perubahan, dan perkembangan yang terus ada
dan terjadi dalam kehidupan pribadi, masyarakat, dan profesi pekerjaan. Beberapa
teks yang menjadi bagian penting bagi pembangunan karakter generasi penerus
adalah cerita rakyat, pengalaman, deskripsi. Indonesia yang terdiri dari
beragam suku, budaya serta adat istiadat adalah negara yang kaya akan cerita
baik berupa dongeng, mitologi maupun jenis cerita lainnya. Kekayaan ini sudah
selayaknya dipertahankan dan dilestarikan supaya generasi penerus tetap
mengenal akar budayanya. Sebagai bagian dari masyarakat global yang juga
bertanggung jawab terhadap masa depan bumi ini, generasi muda juga perlu
memiliki semangat untuk menjadikan cerita asli Indonesia dikenal luas di dunia
internasional agar nilai-nilai luhur bangsa ini dapat ditebarkan ke
bangsa-bangsa lain. Caranya, antara lain, adalah dengan menyampaikan
cerita-cerita asli Indonesia dengan bahasa pengantar yang dikenal luas, dan
bahasa Inggris adalah salah satunya.
Dengan kemampuan berbicara bahasa
Inggris, generasi muda juga dapat mengasah keterampilan siswa juga meningkatkan
keterampilan berpikri kritis dengan membandingkan, mengambil pelajaran dan
menggunakannya untuk mengembangkan nilai-nilai yang bermanfaat bagi dirinya dan
lingkungannya. Melalui kegiatan yang
terarah, mengenal dan membaca cerita dari berbagai bangsa akan berpotensi
membuka wawasan generasi penerus untuk pengembangan karakter bangsa yang
terbuka, selalu ingin tahu, mudah beradaptasi, menghargai perbedaan, tidak
merasa paling benar, dan bahkan akan semakin menyadari kekurangan diri dan
budayanya. Di sisi lain, kegiatan tersebut juga akan berpotensi menumbuhkan
kesadaran akan berbagai kelebihan yang dimiliki bangsa ini, yang akan berdampak
pada tumbuhnya rasa bangga, percaya diri, dan semakin terkikisnya rasa rendah
diri dibandingkan dengan bangsa-bangsa lain.
Kegiatan ini tidak hanya berorientasi
pada kejuaraan. Esensi kegiatan ini terletak pada nilai pendidikannya, sebagai
pengalaman belajar (learning experience), sekaligus sebagai upaya menguatkan
pendidikan karakter, seperti sikap saling menghargai, saling menghormati,
solidaritas dan toleransi. Agar pelaksanaan ESC 2021 sebagaimana yang dimaksud
dapat terlaksana dengan baik, maka perlu disusun buku petunjuk pelaksanaan yang
dapat digunakan sebagai pegangan panitia, siswa, guru, dewan juri dan
pihakterkait.
B. Dasar Hukum
1.
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2.
Undang-Undang RI Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.
3.
Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan
Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
4.
Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan.
5.
Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan
Pendidikan.
6.
Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.
7.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan
Kesiswaan.
8. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor
23 Tahun 2015tentang Penumbuhan Budi Pekerti.
C. Tujuan
1. Meningkatkan keterampilan berbicara peserta lomba
terutama kreativitas bercerita Bahasa Inggris lisan dan tulis melalui lomba ESC;
2.
Memotivasi sekolah agar berperan aktif memfasilitasi siswa guna meningkatkan
prestasi belajar pada bidang Bahasa Inggris;
3. Mengembangkan kreativitas dan daya pikir kritis
siswa SMP se-Sidoarjo dalam menafsirkan isi cerita, mengembangkan cerita, serta
menyampaikan cerita secara lisan di depan public
4. Membina dan memacu kreativitas peserta sebagai
sarana promosi bakat dan minat peserta;
5. Mengembangkan sikap kompetitif dalam diri siswa
yang berwawasan global.
D. Sasaran Kegiatan
Siswa
SMPN 2 Sidoarjo sejumlah 6 siswa dengan rincian:
-Kelas
7= 2 siswa
-Kelas
8= 2 siswa
-Kelas
9= 2 siswa
E. Pengertian ESC
Kegiatan ESC (English
Speaking Competition) 2021 adalah suatu kegiatan yang bersifat mengasah
keterampilan berbicara Bahasa Inggris antar siswa SMP atau yang sederajat dalam
lingkup wilayah Sidoarjo yang diadakan oleh MGMP Kabupaten Sidoarjo.
Ada 3 cabang lomba:
1. Kelas
7 Descriptive text.
2. Kelas
8 Recount Text
3. Kelas
9 Narrative text
F. Tema Lomba ESC
Pada
tahun 2021, ESC bertema: “Boost your
creativity in this pandemic”
Sedangkan
sub tema masing-masing:
·
Kelas 7 Descriptive text.
(My favourite animals, people, or things)
·
Kelas 8 Recount Text (Experience
of learning during Covid 19 pandemic)
·
Kelas 9 Narrative text (Indonesian
Story and international story. Kedua tema ini optional, bisa dipilih
salah satu, diusung untuk memberi ruang sebesar-besarnya kepada peserta didik
untuk terus berimajinasi.)
G. Cabang Kreativitas
Berbahasa Inggris yang Dilombakan
Cabang
yang dilombakan tahun 2021 ini terdiri atas 3 (tiga) jenis cabang sebagai
berikut :
1. Kelas
7 Descriptive text.
2. Kelas
8 Recount Text
3. Kelas
9 Narrative text
H. Hasil yang Diharapkan
1. Terciptanya suasana kompetitif yang sehat antar
siswa di sekolah;
2. Mengembangkan penguatan pendidikan karakter di
bidang literasi dan sastra melalui kreativitas siswa;
3. Terwujudnya rasa cinta untuk melestarikan nilai
tradisi yang berakar pada budaya bangsa;
4. Terwujudnya sikap nasionalisme, kerjasama dan
toleransi terhadap nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa; dan
5.
Terwujudnya rasa bhinneka yang semakin kuat.
I. Penyelenggaraan Lomba
Lomba dilaksanakan secara online, Hari
Selasa, tanggal 9 Feb hingga 3Maret untuk tahap pengumpulan video dan penilaian
masyarakat umum.
J. Persyaratan
Peserta
Persyaratan
peserta adalah siswa SMP/MTs negeri dan swasta atau yang sederajat dengan
ketentuan sebagai berikut:
1. Siswa kelas VII, VIII, atau IX tahun ajaran 2020/2021
yang masih berstatus sebagai siswa SMP saat mengikuti lomba dengan dibuktikan
surat keterangan dari Kepala Sekolah yang bersangkutan;
2. Memiliki NIS (Nomor Induk Siswa)
3.
Dikirim oleh sekolah yang bersangkutan dengan jumlah peserta minimal 2 (dua)
siswa untuk masing-masing cabang lomba tiap level.
4.
Peserta hanya berhak mengikuti satu bidang lomba.
K. Ketentuan Lomba
1.
Pendaftaran dibuka sejak diumumkan. Semua pendaftaran telah diterima oleh
panitia selambat-lambatnya 9 Maret 2021;
2. Peserta lomba diwajibkan mengisi formulir
pendaftaran online dan mendapatkan ijin mengikuti lomba oleh kepala sekolah;
3. Video yang dilombakan menjadi hak tayang MGMP Bahasa
Inggris dan dapat diunggah oleh panitia lomba untuk menambah khasanah video
pembelajaran berbagai macam teks pada sekolah-sekolah Negeri maupun swasta
(SMP/ MTSN/ sederajad) se-Kabupaten Sidoarjo dengan mencantumkan nama peserta sebagai
sumber data;
4.
Video peserta yang terpilih sebagai juara akan menerima penghargaan berupa
trophy dan sertifikat Kepala Dinas Pedidikan dan Kebudayaan kabupaten Sidoarjo.
L. Prosedur, Teknis
Lomba dan Peraturan
Prosedur dan Teknis Lomba Berbicara/
English Speaking Competition (ESC) 2021 secara umum:
a. Semua peserta mengenakan
seragam sekolah masing-masing, kecuali untuk storytelling menyesuaikan cerita
b. tidak ada unsur yang
menyinggung pertentangan SARAP (Suku, Agama, Ras, Antargolongan, dan Politik)
c. Video berdurasi 3 hingga
5 menit
d. Video tanpa intro ataupun
outro, langsung pada pembuka/perkenalan diri, konten/ isi, dan penutup dengan
menggunakan Bahasa Inggris.
e. Karya yang dibuat merupakan karya orisinil dan
tidak melanggar hak kekayaan intelektual pihak manapun.
f. Panitia tidak menerima komplain keterlambatan
dikarenakan peserta tidak mengikuti berita/ informasi dari panitia lomba.
g. Pengumpulan karya diusahakan 1 minggu sebelum batas
akhir pengumpulan karya.
h. Panitia berhak membatalkan kepesertaan calon
peserta bila peserta atau karya tidak sesuai dengan ketentuan yang telah
ditetapkan.
i. MGMP Bahasa Inggris memiliki hak publikasi untuk
dapat bermanfaat bagi pembelajaran di SMP/ MTS
j. Keputusan panitia dan/atau juri tidak dapat
diganggu gugat.
Untuk prosedur dan Teknis
Lomba Berbicara/ English Speaking Competition (ESC) 2021 secara khusus dirinci
masing-masing jenjang :
1.
Prosedur dan Teknis Lomba Berbicara/ English Speaking Competition (ESC) 2021
bagi Kelas 9, teks narrative:
a. Bentuk cerita mencakup cerita rakyat (folklore),
mitologi (myth), legenda (legend), dan fabel (fable) dengan “sentuhan baru”
secara inovatif baik dalam penafsiran isi pesan, pengembangan alur cerita,
ataupun teknik penyajiannya. Sebagai contoh, pendongeng atau story teller mampu
mengubah susunan alur cerita, sudut pandang bercerita/gaya penceritaan,
menambah detil cerita tanpa “merusak” inti cerita dan kreatifitas lainnya.
b. Penggunaan properti dan kostum diperbolehkan, namun
hendaknya tidak mengganggu storyteller maupun penonton. Properti dan kostum
yang berlebihan atau tidak mendukung tercapainya tujuan bercerita tidak
disarankan. Story telling lebih menekankan kekuatan kata (power of words),
ketercapaian pesan dan interaksi dengan penonton.
c. Cerita yang dipilih harus sesuai dengan tema lomba.
Cerita dapat diambil langsung atau saduran dari cerita yang sudah ada, atau
dimodifikasi sendiri oleh peserta. Isi cerita memberikan keteladanan dalam
menerapkan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa.
d. Setiap peserta menyampaikan satu cerita, 3 sampai 5
menit. Tanpa intro dan outro, langsung pada perkenalan diri, konten, dan
penutup.
e. Mengenakan
busana yang rapi sopan santun, tidak merepotkan peserta maupun pembimbingnya;
g.
Pengumuman juara 123
h.
Sertifikat peserta, dan sertifikat
guru pembimbing diberikan secara online melalui email/ google drive.
(e-certificate)
2.Prosedur
dan Teknis Lomba Berbicara/ English Speaking Competition (ESC) 2021 bagi Kelas
8, teks Recount:
a. menceritakan pengalaman belajar di rumah dengan tema
“staying at home and practicing English.”
b. pengalaman adalah nyata
dialami oleh peserta didik sendiri, bukan rekaan/ fiksi dan dapat menginspirasi
peserta didik lain.
c. diceritakan menggunakan
bentuk lampau/ past tense
d. Menyampaikan
secara kreatif, boleh menggunakan alat
bantu/ media yang mendukung secara lisan dengan muka menghadap langsung
ke penonton, dengan cara berdiri dan/ atau duduk pada satu titik, dan dilakukan
secara komunikatif.
3.Prosedur
dan Teknis Lomba Berbicara/ English Speaking Competition (ESC) 2021 bagi Kelas
7, teks Descriptive:
a. mendeskripsikan benda, binatang atau orang yang
disukai oleh peserta didik
dengan tema “My favourite
things, animals, and people”
b. Hal yang dideskripsikan
bersifat positif membangun, dapat menginspirasi peserta didik lain dan dapat
dijadikan sumber pembelajaran.
c. Dideskripsikan dengan
simple present tense, masa sekarang.
d. Menyampaikan
secara kreatif, boleh menggunakan alat
bantu/ media yang mendukung secara lisan dengan muka menghadap langsung
ke penonton, dengan cara berdiri dan/ atau duduk pada satu titik, dan dilakukan
secara komunikatif.
J. Rencana Anggaran
Rencana Pengeluaran
1. Pendaftaran @ Rp. 75.000 x 6 Siswa Rp 450.000,00
2. Biaya latihan online
(beli pulsa) @ 15.000 x 6 siswa Rp 90.000,00
3. Biaya pulsa guru Rp. 15.000,00
Biaya Tidak Terduga Rp. 20.000, 00 +
Total Rp 575.000,00
K. Waktu
dan Pelaksanaan
Kompetisi Bahasa Inggris (English
Speaking Competition 2021) dilaksanakan pada :
Hari,
tanggal :
Selasa, 9 Februari sd 3 Maret 2021
Waktu :
09.00 WIB – 18.00 WIB
Tempat :
Online
L. Penutup
Demikian proposal kegiatan ESC
2021 yang diselenggarakan oleh MGMP Bahasa Inggris Kabupaten Sidoarjo ini.
Semoga dapat memenuhi harapan kita semua. Kami sangat mengharapkan masukan,
dukungan dan motivasi. Atas perhatian serta dukungan Bapak Kepala Sekolah yang
diberikan kami mengucapkan terima kasih.
Comments
Post a Comment