Skip to main content

CARA MEMBUAT SOAL AKM




Cara membuat butir soal literasi yang akan membantu siswa Anda untuk berlatih menggunakan kompetensi literasi untuk bernalar dalam pembelajaran di kelas. 

Bagaimana langkahnya? Mari kita berlatih.

  1. Pertama, pahami kompetensi literasi membaca siswa yang Anda ampu. Dari situ Anda dapat memilih teks yang sesuai. 
  1. Kedua, setelah memilih teks bacaan sesuai dengan level kompetensi siswa yang Anda ampu, pilihlah salah satu kompetensi yang ingin Anda kembangkan dan evaluasi. 
  1. Ketiga, dari kompetensi literasi tersebut, cobalah membuat 3 buah soal dengan bentuk yang berbeda-beda berdasarkan teks yang Anda pilih tadi. 

Pertanyaan-pertanyaan yang dikembangkan atas dasar kompetensi, bukan hafalan materi semata, memberikan kesempatan pada siswa untuk terus mengembangkan kemampuan dasar literasinya dalam penalaran. 

Asesmen Kompetensi Minimum merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua siswa untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. Terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur AKM, yaitu literasi membaca dan numerasi. 

Asesmen Literasi Membaca yang berlaku untuk Asesmen Kompetensi Minimum yang akan diberikan pada siswa. Dalam penilaiannya asesmen literasi membaca tidak hanya mengukur topik atau konten tertentu tetapi berbagai konten, berbagai konteks dan pada beberapa tingkat proses kognitif. 



Konten pada Literasi Membaca menunjukkan jenis teks yang digunakan, dalam hal ini dibedakan dalam dua kelompok yaitu teks informasi dan teks fiksi. Kemudian, tingkat proses kognitif menunjukkan proses berpikir yang dituntut atau diperlukan untuk dapat menyelesaikan masalah atau soal. Pada Literasi Membaca, level tersebut adalah menemukan informasi, interpretasi dan integrasi serta evaluasi dan refleksi. Sedangkan konteks menunjukkan aspek kehidupan atau situasi untuk konten yang digunakan. Konteks pada AKM dibedakan menjadi tiga, yaitu personal, sosial budaya, dan saintifik. 


Pada Numerasi konten dibedakan menjadi empat kelompok, yaitu Bilangan, Pengukuran dan Geometri, Data dan Ketidakpastian, serta Aljabar.  Kemudian, tingkat proses kognitif menunjukkan proses berpikir yang dituntut atau diperlukan untuk dapat menyelesaikan masalah atau soal. Pada Numerasi, ketiga level tersebut adalah pemahaman, penerapan, dan penalaran.  Sedangkan konteks menunjukkan aspek kehidupan atau situasi untuk konten yang digunakan. Konteks pada AKM dibedakan menjadi tiga, yaitu personal, sosial budaya, dan saintifik. 





Comments

Popular posts from this blog

KLS 9,HOPE, WISH & CONGRATULATIONS, PJJ minggu ke 1

    A.    C O N C E P T Activity 1: Read the conversations and identify the expressions of hope, wish and congratulations. 1.     Nasywa  : How are you Ayu? Ayu         : I get a little problem, I have stomachache. Nasywa  : Oh, I see. Have you seen the doctor? Ayu         : Yes, and it is getting better. Nasywa : Oh great, I hope you will get better soon. Ayu         : Thanks, Nasywa. 2.     Dika         : What are you doing, Iman? Iman        : Well, it’s very difficult. Dika         : Are you fixing your laptop? Iman        : No, I wish I knew how to use this software. Dika         : Hmm… I see. wh...

RPP Bahasa Inggris SMP Genap dan Video Pembelajaran 7, 8, 9

RPP BAHASA INGGRIS GENAP SMP   Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. Berikut adalah  RPP Bahasa Inggris SMP Genap, silahkan didownload  RPP BAHASA INGGRIS KELAS 7 SEMESTER GENAP RPP BAHASA INGGRIS KELAS 8 SEMESTER GENAP RPP BAHASA INGGRIS KELAS 9 SEMESTER GENAP VIDEO BAHASA INGGRIS GENAP SMP LIST  MATERI PEMBELAJARAN BIG KELAS 7 SMP MATERI KELAS 7 BAHASA INGGRIS GENAP CHAPTER 5 The qualities of people, things, and animals Asking Giving Information About People https://youtu.be/28FODFc7l4g Asking Giving Information About Things https://youtu.be/p5-3Ac5HQTY   Asking Giving Information About Animals https://youtu.be/n9Zd2llLRHo Adjectives https://youtu.be/CV9ypxvqqrY CHAPTER 6 We love what we do actions/functions of people, animals and things tindakan/fungsi orang...

RPP Bahasa Inggris SMP dan video pembelajaran Ganjil

RPP BAHASA INGGRIS SMP GANJIL Silahkan download RPP Bahasa Inggris SMP Kelas 7,8,9 klik pada link biru SEMESTER GANJIL Kelas 7  RPP KELAS 7 GANJIL Kelas 8  RPP KELAS 8 GANJIL Kelas 9  RPP BIG KELAS 9 GANJIL Koleksi video Pembelajaran   kelas 7  LESSON 1 *Greetings, leave taking, apologizing, thanking* https://youtu.be/0epY72Hbt1Y   *Greetings,leave taking* https://youtu.be/mTGZkD0cOdw *Thanking* https://youtu.be/vwVhm3xNS68  apologizing LESSON 2 *Identitas (identity)* https://youtu.be/T4HJFNsHqAI identity 2 *hobi (hobby)* https://youtu.be/FeITfVdZ4vM *anggota keluarga (member of family)* https://youtu.be/gTnksmGKtWU LESSON 3 *TELLING TIMES* https://youtu.be/cikkM49BOQc *TELLING THE DAYS OF A WEEK* https://youtu.be/FA_W74rI1Ec  *TELLING DATES AND MONTHS* https://youtu.be/iH9Kc5PkWAM kelas 8 VIDEO PEMBELAJARAN BIG KELAS 8 SMP GANJIL LESSON 1 *ASKING FOR ATTENTION, CHECKING UNDERSTANDING, APPRECIATING, ASKING OPINION*  https://youtu.be/3OhP...

PJJ Minggu ke 2 kelas 9

Hope, wish and Congratulations Activity 3: Ask your friends the following questions & write the answer! No Questions Answers 1 What do you say to express hope? 2. What do you say to express wish? 3 What do you say to express congratulation? Hope Vs Wish We use hope in this situation. For example: I'm sorry you're not well. I hope you feel better soon , (not I wish you feel) Compare I wish and I hope: I wish you a pleasant stay here. I hope you have a pleasant stay here, (not I wish you have ) Activity 4 Put in wish(ed) or hope(d) . 1.       I wish you a pleasant stay here. 2.       Enjoy your holiday. I ________ you have a great time. 3.       Goodbye. I ______ you all the best. 4.     We said goodbye to each other and _______ each other luck. 5.   ...

NASKAH UJIAN SEKOLAH BAHSA INGGRIS SMP KELAS 9

Ujian Sekolah di tingkat satuan pendidikan tetap dilaksanakan kendati Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) telah ditiadakan dan digantikan dengan Asesmen Nasional yang terdiri dari AKM (Asesmen Kompetensi Minimum), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.  Ujian Sekolah (US) menjadi salah satu faktor penting untuk melakukan penilaian terhadap pencapaian standar kompetensi lulusan (SKL). Ujian sekolah menjadi kewenangan setiap satuan pendidikan untuk melaksanakannya sesuai SOP Ujian Sekolah yang telah ditentukan. A. Pengertian Ujian Sekolah: Ujian sekolah adalah ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan pada akhir jenjang dengan tujuan untuk menilai pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku. B. Target Ujian Sekolah: Seluruh siswa pada akhir jenjang yang memenuhi persyaratan sebagai berikut: telah berada pada tahun terakhir di masing-masing jenjang atau program paket kesetaraan. mem...

KLS 7 , Materi dan Latihan Minggu ke 1

GREETINGS Before learning Chapter 1, please write the information about yourself: Name                       :______________________________ Age                          : ______________________________  Class                        : ______________________________ Attendence Number : ______________________________ School                      : ______________________________ Asking / Questions How are you? How is life ? How do you do? How is everything with you? How are you doing? Responses I’m fine. Not bad, thanks. How do you do? Pretty well, thanks. I am very well, thanks, A.    CONCEPT Activity 1   Complete the responses and read the dialogues ...

KLS 8, Your attention please , seri 1

CONCEPT Look at the expressions. A.    Expressions of Asking for Attention. Add another at the last number. Write the responds. No Asking for Attention Respond 1 Teacher    :   May I get your attention, please ? Students :   Yes Maam… 2 Class Captain   :   I need your attention ! C lass :   O.K.    What’s up? 3 Please , don’t be noisy. Attention please! 4 Excuse me, . . . . 5 Look! 6 Please. Look at me every body! 7 Listen please! 8 Can you give me a second? 9

KLS 7 seri 2

Activity 3  Practi c e the dialogue with your partner then answer the questions Dialogue 1 Mrs. Sri : Good morning, Dayu Dayu : Oh, good morning, ma'am. How are you? Mrs. Sri : Very well, thank you. How about you, Dayu? Dayu : I'm fine, thank you, ma'am Dialogue 2 Mr. Susanto : Good evening, Din. Udin : Oh, good evening , Mr. Susanto . How are you, Sir? Mr. Susanto : Very well, thank you. How about you, Udin? Udin : I'm very well, thank you, Sir. Questions: 1. Who are speaking in dialogue 1? 2. who are speaking in dialogue 2? 3. What does Mrs.Sri say to greet Dayu? 4. What does Mr. Susanto say to greet Udin? 5.  Compare dialogue 1 and 2, Do the two dialogues happen at the same time?   Explain why yes or no!   Activity 4 Choose A, B, or C 1 . ......................... old...

TUGAS KLS 7 GANJIL ACTIVITY

  Tulis jawaban di buku tulis, upload di google drive

TUGAS KELAS 7 MINGGU PERTAMA SEPT (sept 1.2)