Skip to main content

TIPS MENEMBUS BERBAGAI LOMBA GURU (PART-1)

MUKADDIMAH


Alhamdulillah, Segala puji hanya bagi Allah, Sang Pencipta bumi dan langit.  Manjaddawajadda, siapa yang sungguh-sungguh akan berhasil, hingga blog ini berhasil dibuat dan dipublish untuk memenuhi keinginan para guru yang ingin sama-sama belajar, juga sekaligus untuk memenuhi kebutuhan siswa untuk belajar bersama secara online.

Pembelajaran secara online telah  menjadi kebutuhan baik bagi guru maupun siswa, nah blog ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan tersebut.  Banyak guru yang bertanya bagaimana cara mengikuti pelatihan online, bagaimana cara menembus berbagai lomba guru hingga dapat menjadi juara.  Banyak pula siswa yang bertanya bagaimana caranya kami belajar, supaya cepat menguasai Bahasa Inggris.  Maka, kini saatnya pintu- pintu digital dibuka.

Pintu pertama yang kita buka, adalah untuk guru.  Yang pertama akan saya bahas adalah tips menembus berbagai lomba bagi guru.




TIPS MENEMBUS BERBAGAI LOMBA GURU

Banyak sekali perlombaan yang dapat diikuti oleh guru, dan banyak sekali berbagai tantangan yang bertebaran di mana-mana.  Namun kadang tidak semua guru mengetahui adanya perlombaan tersebut, dan tidak semua guru juga tahu cara menembusnya.  Kita sebut dengan istilah "menembus batas".  

Lomba untuk guru yang paling sering adalah berupa tulisan.  Berbagai batas tentang kemampuan menulis seringkali kita buat sendiri.  Nah itu yang keliru, misalnya nih, bilang "saya tidak berbakat sih ikut lomba menulis." ini namanya membatasi diri sendiri, padahal guru di mana-mana ya harus bisa menulis, bukan perkara berbakat tidaknya.  atau berkata begini "Saya tidak punya waktu untuk menulis",  ini juga ungkapan membatasi diri sendiri.  seolah-olah yang seringkali bagi guru yang menulis adalah pemborosan waktu, kadang dikira kurang pekerjaan, Nah lho? 

Guru sudah sewajarnya bila suka menulis, semua yang dipikirkan untuk pembelajaran (ide), atau semua yang telah kita laksanakan di kelas, atau telah terapkan di kelas, sebaiknya dituliskan.  Namun seringkali kesulitan menuangkannya, atau sudah sering menulis, namun seringkali sulit menembus lomba-lomba tersebut.  untuk itu, mari kita mulai nih menyimak penjelasan mengenai tips menembus berbagai lomba guru:

1. Tips yang pertama, jangan ketinggalan informasi.  Ikuti berbagai informasi yang menarik, yang ada di berbagai media sosial, di web, di group-group whatsapp, pada forum-forum guru dan lain sebagainya.  Bagaimana caranya? yah, bisa dengan cara browsing, dengan cara bertanya pada teman yang sering mengikuti, dengan menyimak berbagai media. Pokoknya sering-sering baca dan pantau yang namanya informasi tentang lomba tersebut.  Informasi penting sekali. Ini jembatan kita memasuki dunia lomba.

2. Tips yang kedua, jangan lupa panduan lomba.  Bila sudah mengetahui adanya lomba yang sedang digelar, cepat download panduannya, juknisnya, pedomannya, kadang ada kriteria penilaiannya.  Itu semua merupakan hal penting untuk dibaca dan diketahui agar tidak salah tafsir tentang hal yang dilombakan.  Bagaimana cara mendapatkannya? yang paling sering buka web. tulis panduan lomba apa, lalu download.  Kadang nih panduan atau juknis (petunjuk teknis) tahun ini belum ada, download yang tahun lalu, biasanya hampir sama.  Kalaupun ada perubahan-perubahan hanya sedikit saja.



3. Tips yang ketiga, Baca Seksama panduan.  Nah, bila telah memiliki panduannya, juknisnya, pedomannya, kadang ada kriteria penilaiannya, baca dengan seksama poin perpoin.  Mengapa lomba itu digelar, oleh siapa. Ini penting sekali untuk menyesuaikan karya kita dengan tujuan lomba dan sang penghelat perlombaan.  Selera juri atau tim penilai seringkali sesuai dengan tema yang diminta.  Tema itu yang harus kita ingat-ingat sepanjang menuliskan naskah agar sesuai dan pas.

4. Tips yang keempat.  Mulai. Mulai apa? yah mulai menulis.  Menulis harus dipaksa, caranya? buka laptop sekarang juga, tulis apa yang telah anda lakukan tadi di kelas.  bagaimana urutan-urutan pembelajarannya.  Atau bila itu masih ide, tuliskan segera ide itu sebelum menghilang.  Ide atau gagasan biasanya dapat digunakan untuk tulisan berbentuk esai, atau opini.  Apa masalah yang anda lihat atau alami, bagaimana kendalanya, solusinya apa?, kesimpulannya bagaimana. Tulisan anda sebagai guru memiliki nilai tinggi bila mampu membidik permasalahan dan menawarkan solusi yang tepat.  Sesekali guru mampu mengangkat masalah namun belum sampai menulis solusi sudah berhenti.  Maka, mulai menulis, dan jangan berhenti sebelum menuliskan solusi.

5. Tips yang kelima.  sesuaikan tulisan dengan kriteria dan sistematika yang diminta pada  panduan tersebut. Misalnya Bab I harus pendahuluan maka tulis pendahuluan, jangan kata lainnya.  Bila diminta maksimal sepuluh halaman, maka harus sepuluh halaman.  Bila diminta maksimal empat puluh halaman, maka tulis sekitar 30 halaman ke atas.  Jangan selisih banyak dengan yang ditentukan. Bila terlalu tipis, dikira kurang elaborasi, sebaliknya terlalu tebal, melmpaui yang diminta, dikira terlalu bertele-tele dan tidak bisa mengambil inti sarinya.




Sekian bapak ibu tips menembus berbagai lomba guru part 1, akan saya tuliskan lanjutannya di postingan part 2


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

KLS 9,HOPE, WISH & CONGRATULATIONS, PJJ minggu ke 1

    A.    C O N C E P T Activity 1: Read the conversations and identify the expressions of hope, wish and congratulations. 1.     Nasywa  : How are you Ayu? Ayu         : I get a little problem, I have stomachache. Nasywa  : Oh, I see. Have you seen the doctor? Ayu         : Yes, and it is getting better. Nasywa : Oh great, I hope you will get better soon. Ayu         : Thanks, Nasywa. 2.     Dika         : What are you doing, Iman? Iman        : Well, it’s very difficult. Dika         : Are you fixing your laptop? Iman        : No, I wish I knew how to use this software. Dika         : Hmm… I see. wh...

RPP Bahasa Inggris SMP Genap dan Video Pembelajaran 7, 8, 9

RPP BAHASA INGGRIS GENAP SMP   Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. Berikut adalah  RPP Bahasa Inggris SMP Genap, silahkan didownload  RPP BAHASA INGGRIS KELAS 7 SEMESTER GENAP RPP BAHASA INGGRIS KELAS 8 SEMESTER GENAP RPP BAHASA INGGRIS KELAS 9 SEMESTER GENAP VIDEO BAHASA INGGRIS GENAP SMP LIST  MATERI PEMBELAJARAN BIG KELAS 7 SMP MATERI KELAS 7 BAHASA INGGRIS GENAP CHAPTER 5 The qualities of people, things, and animals Asking Giving Information About People https://youtu.be/28FODFc7l4g Asking Giving Information About Things https://youtu.be/p5-3Ac5HQTY   Asking Giving Information About Animals https://youtu.be/n9Zd2llLRHo Adjectives https://youtu.be/CV9ypxvqqrY CHAPTER 6 We love what we do actions/functions of people, animals and things tindakan/fungsi orang...

RPP Bahasa Inggris SMP dan video pembelajaran Ganjil

RPP BAHASA INGGRIS SMP GANJIL Silahkan download RPP Bahasa Inggris SMP Kelas 7,8,9 klik pada link biru SEMESTER GANJIL Kelas 7  RPP KELAS 7 GANJIL Kelas 8  RPP KELAS 8 GANJIL Kelas 9  RPP BIG KELAS 9 GANJIL Koleksi video Pembelajaran   kelas 7  LESSON 1 *Greetings, leave taking, apologizing, thanking* https://youtu.be/0epY72Hbt1Y   *Greetings,leave taking* https://youtu.be/mTGZkD0cOdw *Thanking* https://youtu.be/vwVhm3xNS68  apologizing LESSON 2 *Identitas (identity)* https://youtu.be/T4HJFNsHqAI identity 2 *hobi (hobby)* https://youtu.be/FeITfVdZ4vM *anggota keluarga (member of family)* https://youtu.be/gTnksmGKtWU LESSON 3 *TELLING TIMES* https://youtu.be/cikkM49BOQc *TELLING THE DAYS OF A WEEK* https://youtu.be/FA_W74rI1Ec  *TELLING DATES AND MONTHS* https://youtu.be/iH9Kc5PkWAM kelas 8 VIDEO PEMBELAJARAN BIG KELAS 8 SMP GANJIL LESSON 1 *ASKING FOR ATTENTION, CHECKING UNDERSTANDING, APPRECIATING, ASKING OPINION*  https://youtu.be/3OhP...

PJJ Minggu ke 2 kelas 9

Hope, wish and Congratulations Activity 3: Ask your friends the following questions & write the answer! No Questions Answers 1 What do you say to express hope? 2. What do you say to express wish? 3 What do you say to express congratulation? Hope Vs Wish We use hope in this situation. For example: I'm sorry you're not well. I hope you feel better soon , (not I wish you feel) Compare I wish and I hope: I wish you a pleasant stay here. I hope you have a pleasant stay here, (not I wish you have ) Activity 4 Put in wish(ed) or hope(d) . 1.       I wish you a pleasant stay here. 2.       Enjoy your holiday. I ________ you have a great time. 3.       Goodbye. I ______ you all the best. 4.     We said goodbye to each other and _______ each other luck. 5.   ...

NASKAH UJIAN SEKOLAH BAHSA INGGRIS SMP KELAS 9

Ujian Sekolah di tingkat satuan pendidikan tetap dilaksanakan kendati Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) telah ditiadakan dan digantikan dengan Asesmen Nasional yang terdiri dari AKM (Asesmen Kompetensi Minimum), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.  Ujian Sekolah (US) menjadi salah satu faktor penting untuk melakukan penilaian terhadap pencapaian standar kompetensi lulusan (SKL). Ujian sekolah menjadi kewenangan setiap satuan pendidikan untuk melaksanakannya sesuai SOP Ujian Sekolah yang telah ditentukan. A. Pengertian Ujian Sekolah: Ujian sekolah adalah ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan pada akhir jenjang dengan tujuan untuk menilai pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku. B. Target Ujian Sekolah: Seluruh siswa pada akhir jenjang yang memenuhi persyaratan sebagai berikut: telah berada pada tahun terakhir di masing-masing jenjang atau program paket kesetaraan. mem...

KLS 7 , Materi dan Latihan Minggu ke 1

GREETINGS Before learning Chapter 1, please write the information about yourself: Name                       :______________________________ Age                          : ______________________________  Class                        : ______________________________ Attendence Number : ______________________________ School                      : ______________________________ Asking / Questions How are you? How is life ? How do you do? How is everything with you? How are you doing? Responses I’m fine. Not bad, thanks. How do you do? Pretty well, thanks. I am very well, thanks, A.    CONCEPT Activity 1   Complete the responses and read the dialogues ...

KLS 8, Your attention please , seri 1

CONCEPT Look at the expressions. A.    Expressions of Asking for Attention. Add another at the last number. Write the responds. No Asking for Attention Respond 1 Teacher    :   May I get your attention, please ? Students :   Yes Maam… 2 Class Captain   :   I need your attention ! C lass :   O.K.    What’s up? 3 Please , don’t be noisy. Attention please! 4 Excuse me, . . . . 5 Look! 6 Please. Look at me every body! 7 Listen please! 8 Can you give me a second? 9

KLS 7 seri 2

Activity 3  Practi c e the dialogue with your partner then answer the questions Dialogue 1 Mrs. Sri : Good morning, Dayu Dayu : Oh, good morning, ma'am. How are you? Mrs. Sri : Very well, thank you. How about you, Dayu? Dayu : I'm fine, thank you, ma'am Dialogue 2 Mr. Susanto : Good evening, Din. Udin : Oh, good evening , Mr. Susanto . How are you, Sir? Mr. Susanto : Very well, thank you. How about you, Udin? Udin : I'm very well, thank you, Sir. Questions: 1. Who are speaking in dialogue 1? 2. who are speaking in dialogue 2? 3. What does Mrs.Sri say to greet Dayu? 4. What does Mr. Susanto say to greet Udin? 5.  Compare dialogue 1 and 2, Do the two dialogues happen at the same time?   Explain why yes or no!   Activity 4 Choose A, B, or C 1 . ......................... old...

TUGAS KLS 7 GANJIL ACTIVITY

  Tulis jawaban di buku tulis, upload di google drive

TUGAS KELAS 7 MINGGU PERTAMA SEPT (sept 1.2)