Skip to main content

SISTEMATIKA LAPORAN KARYA INOVATIF


Bapak ibu guru yang ingin naik pangkat, bila telah memiliki alat peraga, alat pelajaran sangat perlu untuk segera menyusun laporan Alat Pelajaran ataupun Alat Peraga, ataupun lagi Alat Praktikum.  Suatu saat naskah ini dapat berfungsi lagi. Yaitu? dapat kita gunakan juga untuk dikirim ke lomba-lomba guru.  Guru kreatif harus punya banyak alat-alat untuk membelajarkan siswa nih..termasuk punya laporannya juga.




Untuk pembuatan laporan Alat Peraga atau Media Pembelajaran dapat kita lihat sistematikanya seperti pada Lampiran 13, 14, 15, Buku 4 PKB, seperti di bawah ini:

Lampiran 13. 

Kerangka Isi Format Laporan Pembuatan Alat Pelajaran:



1) HALAMAN JUDUL,
Memuat judul jenis laporan (Laporan Pembuatan Alat Pelajaran), nama alat pelajaran, nama pembuat, NIP bagi PNS, dan nama sekolah/lokasi.

2) HALAMAN PENGESAHAN
Pengesahan oleh kepala sekolah.

3) HALAMAN PERNYATAAN
Berisi pernyataan dari pembuat bahwa alat pelajaran ini benar-benar asli hasil karya guru bersangkutan.

4) KATA PENGANTAR

5) DAFTAR ISI

6) DAFTAR GAMBAR/FOTO

7) TUJUAN

8) MANFAAT

9) RANCANGAN/DESAIN
Rancangan/desain alat pelajaran/bimbingan (dilengkapi dengan gambar rancangan atau diagram alir serta daftar dan foto alat dan bahan yang digunakan).

10) PROSEDUR PEMBUATAN
Prosedur pembuatan alat pelajaran/ bimbingan (dilengkapi dengan foto pembuatan).

11) PENGGUNAAN DI SEKOLAH
Penggunaan alat pelajaran di sekolah(dilengkapi dengan foto penggunaan).

12) Dampak peningkatan terhadap kualitas dalam proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.

Lampiran 14. 

Kerangka Isi Format Laporan Pembuatan Alat Peraga:


1) HALAMAN JUDUL
Halaman judul, memuat jenis laporan (tuliskan Laporan Pembuatan Alat Pelajaran), nama alat peraga, nama pembuat, NIP bagi PNS, dan nama Sekolah/lokasi.

2) HALAMAN PENGESAHAN
pengesahan oleh kepala sekolah.

3) Halaman Pernyataan
Berisi pernyataan dari pembuat bahwa alat peraga ini benar-benar asli hasil karya guru bersangkutan.

4) KATA PENGANTAR

5) DAFTAR ISI

6) DAFTAR GAMBAR/FOTO

7) TUJUAN

8) MANFAAT

9) RANCANGAN/DESAIN ALAT PERAGA
Dilengkapi dengan gambar rancangan atau diagram alir serta daftar dan foto alat dan bahan yang digunakan.

10) PROSEDUR PEMBUATAN ALAT PERAGA
Dilengkapi dengan foto pembuatan.

11) PENGGUNAAN ALAT PERAGA DI SEKOLAH
Dilengkapi dengan foto penggunaan.

12) Dampak peningkatan terhadap kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.

Lampiran 15. 

Kerangka Isi Format Laporan Pembuatan Alat Praktikum

1. HALAMAN JUDUL,
Tuliskan Judul Laporan Pembuatan Alat Praktikum, nama alat pelajaran, nama pembuat, NIP bagi PNS, dan nama Sekolah/ lokasi.

2. HALAMAN PENGESAHAN
Diisi pengesahan oleh kepala sekolah.

3. HALAMAN PERNYATAAN
Berisi pernyataan dari pembuat bahwa alat praktikum ini benar-benar asli hasil karya guru bersangkutan.

4. KATA PENGANTAR

5. DAFTAR ISI

6. DAFTAR GAMBAR/FOTO

7. NAMA ALAT PRAKTIKUM

8. TUJUAN

9. MANFAAT

10. RANCANGAN/DESIAN
Berisi uraian rancangan/desain alat praktikum, dilengkapi dengan gambar rancangan atau diagram alir serta daftar, foto alat dan bahan yang digunakan, dan informasi lainnya yang dianggap perlu.

11. PROSEDUR PEMBUATAN ALAT PRAKTIKUM
Dilengkapi dengan foto pembuatan.

12. PENGGUNAAN ALAT PRAKTIKUM DI SEKOLAH
Dilengkapi dengan foto penggunaan.

13) Dampak peningkatan terhadap kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.


Bapak ibu guru juga jangan bingung seperti apa nih lembar halaman pengesahan, ini saya beri contohnya:

Halaman Pengesahan

Yang bertanda tangan di bawah ini Kepala SMP Negeri ---- Sidoarjo menyatakan bahwa Alat Peraga “NAMA ALAT PERAGA” adalah benar-benar karya
  Nama           :
  NIP                :
  Unit Kerja   :      SMP Negeri  ----  Sidoarjo
telah  digunakan dalam pembelajaran mata pelajaran ---------------pada kelas ………….SMP Negeri----  Sidoarjo

    Sidoarjo ,  9  April 2019
  Kepala Sekolah


       xxxxxxxxxxxxxxxxx
                                NIP.



Ada lagi, lembar pernyataan keaslian karya, bagaimanakah formatnya? ini nih contohnya:





PERNYATAAN KEASLIAN KARYA


Yang bertanda tangan di bawah ini
Nama  :
NIP   :
Guru Mapel  :
Menyatakan
bahwa alat peragaNama Alat Peraga  ini benar-benar merupakan hasil karya saya sendiri.
Apabila pada kemudian hari terbukti atau dapat dibuktikan alat peraga  ini hasil jiplakan, saya bersedia menerima sanksi atas perbuatan saya.

                                           Sidoarjo, 9 April 2019
                                          Yang membuat pernyataan



                                         XXXXXXXXXXXXX
                                         NIP. _____________


Bila ingin mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana dan seperti apa alat peraga itu dan bagaimana laporannya dan penyusunannya, bisa download pada link berikut:LAPORAN ALAT PERAGA

dan juga buku 4 PKB berikut:


BUKU 4 PKB

PEDOMAN  PENYUSUNAN LAPORAN KARYA INOVATIF: 


Comments

Popular posts from this blog

KLS 9,HOPE, WISH & CONGRATULATIONS, PJJ minggu ke 1

    A.    C O N C E P T Activity 1: Read the conversations and identify the expressions of hope, wish and congratulations. 1.     Nasywa  : How are you Ayu? Ayu         : I get a little problem, I have stomachache. Nasywa  : Oh, I see. Have you seen the doctor? Ayu         : Yes, and it is getting better. Nasywa : Oh great, I hope you will get better soon. Ayu         : Thanks, Nasywa. 2.     Dika         : What are you doing, Iman? Iman        : Well, it’s very difficult. Dika         : Are you fixing your laptop? Iman        : No, I wish I knew how to use this software. Dika         : Hmm… I see. wh...

RPP Bahasa Inggris SMP Genap dan Video Pembelajaran 7, 8, 9

RPP BAHASA INGGRIS GENAP SMP   Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. Berikut adalah  RPP Bahasa Inggris SMP Genap, silahkan didownload  RPP BAHASA INGGRIS KELAS 7 SEMESTER GENAP RPP BAHASA INGGRIS KELAS 8 SEMESTER GENAP RPP BAHASA INGGRIS KELAS 9 SEMESTER GENAP VIDEO BAHASA INGGRIS GENAP SMP LIST  MATERI PEMBELAJARAN BIG KELAS 7 SMP MATERI KELAS 7 BAHASA INGGRIS GENAP CHAPTER 5 The qualities of people, things, and animals Asking Giving Information About People https://youtu.be/28FODFc7l4g Asking Giving Information About Things https://youtu.be/p5-3Ac5HQTY   Asking Giving Information About Animals https://youtu.be/n9Zd2llLRHo Adjectives https://youtu.be/CV9ypxvqqrY CHAPTER 6 We love what we do actions/functions of people, animals and things tindakan/fungsi orang...

RPP Bahasa Inggris SMP dan video pembelajaran Ganjil

RPP BAHASA INGGRIS SMP GANJIL Silahkan download RPP Bahasa Inggris SMP Kelas 7,8,9 klik pada link biru SEMESTER GANJIL Kelas 7  RPP KELAS 7 GANJIL Kelas 8  RPP KELAS 8 GANJIL Kelas 9  RPP BIG KELAS 9 GANJIL Koleksi video Pembelajaran   kelas 7  LESSON 1 *Greetings, leave taking, apologizing, thanking* https://youtu.be/0epY72Hbt1Y   *Greetings,leave taking* https://youtu.be/mTGZkD0cOdw *Thanking* https://youtu.be/vwVhm3xNS68  apologizing LESSON 2 *Identitas (identity)* https://youtu.be/T4HJFNsHqAI identity 2 *hobi (hobby)* https://youtu.be/FeITfVdZ4vM *anggota keluarga (member of family)* https://youtu.be/gTnksmGKtWU LESSON 3 *TELLING TIMES* https://youtu.be/cikkM49BOQc *TELLING THE DAYS OF A WEEK* https://youtu.be/FA_W74rI1Ec  *TELLING DATES AND MONTHS* https://youtu.be/iH9Kc5PkWAM kelas 8 VIDEO PEMBELAJARAN BIG KELAS 8 SMP GANJIL LESSON 1 *ASKING FOR ATTENTION, CHECKING UNDERSTANDING, APPRECIATING, ASKING OPINION*  https://youtu.be/3OhP...

PJJ Minggu ke 2 kelas 9

Hope, wish and Congratulations Activity 3: Ask your friends the following questions & write the answer! No Questions Answers 1 What do you say to express hope? 2. What do you say to express wish? 3 What do you say to express congratulation? Hope Vs Wish We use hope in this situation. For example: I'm sorry you're not well. I hope you feel better soon , (not I wish you feel) Compare I wish and I hope: I wish you a pleasant stay here. I hope you have a pleasant stay here, (not I wish you have ) Activity 4 Put in wish(ed) or hope(d) . 1.       I wish you a pleasant stay here. 2.       Enjoy your holiday. I ________ you have a great time. 3.       Goodbye. I ______ you all the best. 4.     We said goodbye to each other and _______ each other luck. 5.   ...

NASKAH UJIAN SEKOLAH BAHSA INGGRIS SMP KELAS 9

Ujian Sekolah di tingkat satuan pendidikan tetap dilaksanakan kendati Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) telah ditiadakan dan digantikan dengan Asesmen Nasional yang terdiri dari AKM (Asesmen Kompetensi Minimum), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.  Ujian Sekolah (US) menjadi salah satu faktor penting untuk melakukan penilaian terhadap pencapaian standar kompetensi lulusan (SKL). Ujian sekolah menjadi kewenangan setiap satuan pendidikan untuk melaksanakannya sesuai SOP Ujian Sekolah yang telah ditentukan. A. Pengertian Ujian Sekolah: Ujian sekolah adalah ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan pada akhir jenjang dengan tujuan untuk menilai pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku. B. Target Ujian Sekolah: Seluruh siswa pada akhir jenjang yang memenuhi persyaratan sebagai berikut: telah berada pada tahun terakhir di masing-masing jenjang atau program paket kesetaraan. mem...

KLS 7 , Materi dan Latihan Minggu ke 1

GREETINGS Before learning Chapter 1, please write the information about yourself: Name                       :______________________________ Age                          : ______________________________  Class                        : ______________________________ Attendence Number : ______________________________ School                      : ______________________________ Asking / Questions How are you? How is life ? How do you do? How is everything with you? How are you doing? Responses I’m fine. Not bad, thanks. How do you do? Pretty well, thanks. I am very well, thanks, A.    CONCEPT Activity 1   Complete the responses and read the dialogues ...

KLS 8, Your attention please , seri 1

CONCEPT Look at the expressions. A.    Expressions of Asking for Attention. Add another at the last number. Write the responds. No Asking for Attention Respond 1 Teacher    :   May I get your attention, please ? Students :   Yes Maam… 2 Class Captain   :   I need your attention ! C lass :   O.K.    What’s up? 3 Please , don’t be noisy. Attention please! 4 Excuse me, . . . . 5 Look! 6 Please. Look at me every body! 7 Listen please! 8 Can you give me a second? 9

KLS 7 seri 2

Activity 3  Practi c e the dialogue with your partner then answer the questions Dialogue 1 Mrs. Sri : Good morning, Dayu Dayu : Oh, good morning, ma'am. How are you? Mrs. Sri : Very well, thank you. How about you, Dayu? Dayu : I'm fine, thank you, ma'am Dialogue 2 Mr. Susanto : Good evening, Din. Udin : Oh, good evening , Mr. Susanto . How are you, Sir? Mr. Susanto : Very well, thank you. How about you, Udin? Udin : I'm very well, thank you, Sir. Questions: 1. Who are speaking in dialogue 1? 2. who are speaking in dialogue 2? 3. What does Mrs.Sri say to greet Dayu? 4. What does Mr. Susanto say to greet Udin? 5.  Compare dialogue 1 and 2, Do the two dialogues happen at the same time?   Explain why yes or no!   Activity 4 Choose A, B, or C 1 . ......................... old...

TUGAS KLS 7 GANJIL ACTIVITY

  Tulis jawaban di buku tulis, upload di google drive

TUGAS KELAS 7 MINGGU PERTAMA SEPT (sept 1.2)